Akan tetapi dibalik semua kelebihan itu, berbelanja online juga dapat memicu pemborosan apabila kita tidak cermat dalam mengelola keuangan. Nah, berikut ini beberapa tips belanja online yang membuatmu bisa belanja dengan lebih hemat dan cermat.

Membuat Rekening Khusus Belanja Online

tips belanja online
Memisahkan rekening pribadi dengan rekening belanja adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mengontrol pengeluaran belanja onlinemu. Sisihkan sebagian pendapatan kamu untuk belanja online rutin melalui rekening khusus ini. Karena jumlah pengeluaran sudah ditentukan di awal, kamu tidak perlu khawatir overbudget saat belanja online.

Tips Belanja Online Agar Tak Boros, Selalu Susun Daftar Belanja

buat daftar belanja online
Tips belanja online yang sering dilupakan banyak orang adalah membuat daftar belanja. Belanja online sebenarnya sama saja dengan belanja konvensional. Kamu tetap harus membeli barang yang dibutuhkan bukan yang diinginkan. Menyusun daftar belanja tentu dapat mengontrol pengeluaran-pengeluaranmu. Seperti kita ketahui, ketika memasuki lapak online, kita akan disuguhkan aneka produk yang menarik. Hal ini apabila tidak diantisipasi akan membuat kita kehilangan kontrol diri sehingga terjadi overbudget saat berbelanja online.

Temukan Lapak Online Termurah

belanja online dari toko termurah
Sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk, pastikan untuk melakukan survei terlebih dahulu dengan mengunjungi lapak-lapak online lain yang menawarkan jenis produk serupa. Kamu yang hobi belanja online pasti sudah pernah mendengar tips belanja online yang satu ini.  Bandingkan harga untuk produk yang sama di masing-masing toko online dan temukan harga termurah.

Ajak Teman Berbelanja Online

ajak teman belanja online
Beberapa toko online memberlakukan pembelian minimum untuk dapat menikmati ongkos kirim gratis. Ajak teman-teman untuk berbelanja sehingga transaksi mencapai batas pembelian minimun tersebut untuk bisa menikmati ongkos kirim secara gratis. Belanja online murah bisa kamu nikmati dengan tips belanja online yang satu ini.

Belanja Sekaligus

belanja online sekali banyak
Untuk menghemat ongkos kirim, usahakan untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan sekaligus. Jika belum terlalu membutuhkan, baiknya tunda terlebih dahulu keinginan berbelanja. Tunggu sampai kebutuhan-kebutuhan lain terkumpul. Langkah ini juga bisa menghindarkan kamu dari keinginan untuk berbelanja barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

Berlangganan Newsletter

newsletter toko online
Biasanya, toko-toko online memberikan diskon spesial bagi pelanggan baru. Manfaatkan diskon ini untuk menghemat pengeluaran kamu. Berlangganan newsletter juga memungkinkan kamu mendapatkan promo-promo spesial secara “up to date”.

Belanja di Hari dan Jam yang Tepat

belanja online di waktu yang tepat
Beberapa ecomerrce memberikan penawaran harga khusus untuk produk-produk tertentu di hari-hari tertentu pula. Ada juga yang menawarkan diskon untuk produk-produk tertentu di jam-jam khusus. Catat hari dan jam spesial tersebut. Gunakan untuk berbelanja sesuai kebutuhanmu.

Manfaatkan Situs-Situs Cashback

belanja online dengan situs cashback
Sebelum berbelanja, ada baiknya kamu masuk terlebih dahulu ke situs-situs cashback seperti ShopBack. Situs-situs cashback ini menawarkan pengembalian uang setiap kali berbelanja online sehingga dapat menghemat pengeluarkan belanja kamu.

Manfaatkan Voucher atau Kupon Diskon

tunggu diskon dari toko online
Ketika kamu masuk ke situs online, biasanya akan terpampang voucher diskon di halaman depan situs. Pergunakan voucher diskon ini untuk menghemat pengeluaran kamu. Tips belanja online yang satu ini memang sederhana tapi kadang malah nggak jarang digunakan. Padahal bisa menghemat banyak lho, apalagi kamu yang baru pertama kali belanja di sebuah toko online biasanya akan ada voucher atau kupon diskon khusus.

Manfaatkan Kode Promo

manfaatkan kode promo toko online
Salah satu cara mendapatkan harga murah adalah dengan memanfaatkan promo dari toko online. Cara untuk mendapatkan kode promo ini juga mudah. Kamu hanya perlu mengetik ‘kode promo’ di situs pencarian Google dan kamu akan menemukan beragam kode promo dari berbagai situs lapak online.
Nah, itulah beberapa tips belanja online yang bisa kamu lakukan. Tips-tips belanja online ini bisa membuatmu lebih cermat dalam memutuskan belanja apa dan di toko online. Semoga bisa lebih hemat saat belanja online nanti ya!